Biostar TA690G AM2 Integrated ATI Radeon™ X1250 Graphic


Ada kabar yang cukup menyenangkan setelah saya coba contact rekan distributor di M2M, Biostar TA690G Socket AM2 telah hadir di Indonesia🙂 dengan harga kisaran $82 US.

Biostar TA690G AM2

Chipset : AMD R690G + SB600
Video : ATI Radeon X1250 512MB Max
Audio : Realtek ALC888 8+2 Channel HD
LAN : Realtek 8111B GbE LAN
DDR2 : 4x
PCI-Ex x16 : 1x
PCI-Ex x1 : 1x
PCI : 2x
SATAII : 4x
RAID : 0/1/10
USB 2.0 : 10x
DVI & TV-Out : 1x
HDMI : 1x

Untuk lebih detail spesifikasi dan bundle nya bisa langsung klik disini.

Ok, sekarang kita bahas masalah kinerja board ini, klo merujuk ke artikel-artikel yang telah dimuat di anandtech sebelumnya saya sendiri cukup ragu dengan kinerja AMD690G. Pada artikel tersebut Gary Key melakukan perbandingan 3 jenis mainboard berbeda antara lain Biostar TA690G AM2 (AMD690G), ASUS M2NPV-VM (GF6150) dan MSI G965MDH (Intel G965), performance grafik onboard AMD690G berada terpaut 301 point dibandingkan dengan
Intel G965 yang mencatat 614 point pada 3DMark06, namun pada PCMark 2005 dan cinebench 9.5 kinerja AMD690G cukup bersaing.

Saya pribadi belum sempat untuk mencoba secara langsung AMD690G, sebagai seorang yang cenderung ke AMD minded😡 saya tetap akan memilih board tersebut. Jika memang kinerja grafik onboardnya terasa kurang bagi saya, sebagai solusi mungkin saya akan mencoba memperbesar share memory ke vga nya. Seandainya dana sudah memadai saya lebih tertarik dengan spesifikasi AMD Athlon X2 3600+ dan Kingston 1GB PC6400.

Saya tidak merekomendasikan lagi BIOSTAR!

113 thoughts on “Biostar TA690G AM2 Integrated ATI Radeon™ X1250 Graphic

  1. wew.. share vga ampe 512 keren juga ya
    btw dijakarta bisa dapetin dimana ya..
    nunggu bulan depan lama bener ya mo rakit amd x2 3800+ hikzzz

  2. VGA onboard pada MoBo ini tidak bisa diharapkan.
    Saran aku sih, bagi para gamer jangan sampe beli MoBo ini dengan alasan ingin solusi VGA murah, karena akan sangat-4 sia-2, bahkan untuk main Counter-Strike pada resolusi 1024×768 sudah tidak sanggup, bahkan kalah terhadap kinerja “G-Force 4 MX” yang dipasaran cuma berharga 100-150rb.

  3. klo bagi saya pribadi, vga onboard ber slot pci-ex adalah solusi tepat utk pemakaian standar multimedia (low-end) yang slot pci-ex nya berguna utk upgrade ke depannya. memang dalam kondisi ini kinerja mainboard bertambah suhu chipset yang mengakibatkan daya tahannya berkurang.
    klo pc anda orientasi nya utk full ber games ria, pendapat saya sama dengan yang diatas, klo anda?🙂

  4. huhuhu…saya uda beli duluan..n kecewa dgn graphicnya.. tp klo dibandingin ma GeForce 4 MX mah masi mending ini donk. kira2 klo saya pasang his radeon x1550 iceQ turbo graphicnya bakal jauh lebih baik ato mirip2 yah??🙂

  5. Buat maen games apa ni? yang jelas model chip nya dah beda 690G menggunakan X1250 dan yang mau anda pasang X1550🙂
    Sekedar sharing.. Saya dulu bela-belain beli DA GF7600GS DDR 256MB dengan harapan maen heroes V Might of Magic nya lancar dengan full graphic resolusi 1024 x 768.. nyatanya tetap kurang memuaskan ketika menemui skenario map yang luas. Klo pc games terbaru sekarang kurang update.
    DA x1550 HM DDR3 512MB 128bit saya gunakan pada mobo RS-480 (939) yang notabene nya dah lawas dengan memory DDR 1GB kinerja nya jauh lah klo dibanding onboard nya RS-480 yg menggunakan X200 (onboard).
    Trus gimana dengan kinerja nya TF7050 dari nVIDIA ya? yang katanya berada satu tingkat diatas 690G.

  6. ya game2 yg keluaran 2006-2007 lah.. Soalnya ni komputer kan baru ganti. Awalnya P4 2.4GHz dgn mobo Intel D845EBG2 vga GF4MX440. Sekarang Biostar TA690G dgn AMD A64 X2 4200 memory DDR2 2GB. VGA lom beli karena berharap dr onboardnya TA690G.
    Ternyata maen Titan Quest aja patah2, padahal dah disetting paling low. VGA apa yg harus saya pake nih? Bingung.. Dah ada yang coba pake GeForce 8500GT lom? Seri 8 yang harganya mirip2 HIS Radeon X1550 IceQ Turbo nih..
    Bingung juga karena budget terbatas…😦

  7. belom cobain tuh bro 8500GT, klo liat harga di rakitan.com/spart.htm ga jauh beda harga nya sama X1550 dan 7600GS tinggal masalah kinerja nya. Mungkin ini bisa jadi refensi bro..
    nvidia.com/page/geforce_7600.html
    nvidia.com/page/geforce8.html
    ati.amd.com/products/RadeonX1550/index.html
    senang klo bisa bantu

  8. hehehe.. Saya nabung dulu deh, beli sekalian yang bagus. Daripada seri yang tanggung2. Btw, udah ada yang nemuin masalah pake mobo ini belum?🙂 Hidup AMD, hehehe..

  9. kayaknya emang mainboard dengan VGA onboard kurang tepat guna kalo buat maen games.
    AMD Only! :)) ngomong² kok beralih ke AMD ya mas? padahal kan sebelumnya spesifikasi nya yang di pake kan Intel?

  10. GF8500GT kek nya jelek deh. Dah liat beberapa review ttg GF 8500GT n hasilnya mengecewakan. Sama GF 7600GT aja masi bagusan 7600GT. Mungkin tunggu Radeon seri mid low nya diluncurkan dulu lah.. Hehehe..

    Hahaha, Intel vs AMD?? AMD donk ah.. Ngapain bayarin Intel buat iklan..
    Intel cuma menang pemasaran. Klo anda ke mangga dua mall, bole liat iklan Intel dmn2.. Di TV, di website2 yang sering dikunjungin jg bisa anda liat sendiri. Sedangkan AMD jarang malah ampir ga ada. So, buat apa bayar lebih mahal cuma buat bayarin Intel bikin iklan padahal kemampuan Intel n AMD bisa dibilang sebelas duabelas??🙂

  11. setuju buat codename 47 :
    klo komen saya knp AMD? karena dari jaman Pentium saya sudah menggunakan AMD K5 PR-90 Mhz🙂
    buat mas abi :
    link yang dari mas hendito (koment beliau diatas) http://www.pcstats.com/articleview.cfm?articleID=2106
    itu ada benchmark review, perbandingan kinerja antara 690G dan termasuk juga TF6100. Bisa disimpulkan, masih lebih baik TF6150 dibanding dengan TF6100.
    Semoga membantu.

  12. untuk VGA onboard kek nya ga bisa diharapkan deh.. mau kek apa juga, VGA onboard pasti kalah ma VGA offboard. Terutama pixel dan vertex shader. Setelah saya selidiki ternyata yang mempengaruhi terutama pixel n vertex shadernya. ini VGA yg ada di MoBo TA690G bisa sampe 512MB tp toh maen game rada berat patah-patah (fps kecil). Btw cara setting memori VGA nya gimana yah? Saya coba rubah2 di BIOS tapi di dxdiag tetap ditulis 700MB. Mohon bantuannya.

  13. dah coba update bios blom? barusan saya liat ada update nya.. lagi bantu cari -cari gambar bios nya seperti apa🙂

  14. sepertinya lom ada di website biostarnya.. saya liat upload paling baru tu akhir mei kemaren.. btw, saya cobain maen Far Cry dgn setting very high masi lumayan. sedikit terobati, rasa kecewanya.. hehehe🙂

  15. wogh.. suka maen Far Cry juga ya.. update terakhir versi berapa ya?? saya masi maen yang versi 1.3, klo lagi bosen juga maen ini. Setting very high (Far Cry) dengan spesifikasi komputer seperti diatas ya? Athlon X2 4200+, memory 2GB PC4200 ya??

  16. trus klo mo cari ta690g d surabaya dmana yah…

    soalnya q jg mo pake mobo ne…

    spek yang lama jebol…

    mo ngerakit baru neh…

    hiks…

  17. DDRnya PC 5300.. masi lumayan smooth lah.. cuma sedikit berat gerakin mousenya.. tapi mendingan banget dibanding ma game2 laen.. huahaha soal versi saya nda perhatiin mas.. bole dicoba tu pake spec yg sama kek saya..🙂

  18. pengalaman saya maen di far cry versi 1.0 terasa agak berat ketimbang sesudah update patch version 1.3🙂
    Gimana ni GeForce 7050/7025? kelihatannya lebih meyakinkan😉 mengenai harga nya, denger2 kisaran $97 us (jakarta) untuk abit nya. lebih mahal ya..

  19. numpang nimbrung juga,… kalo buat maen game2 online gimana udah ada yang coba ? kayak SEAL, Ragnarok, Ayodance,… dll…. apa patah2 ato memuaskan ?

  20. klo menurut saya, game online ga terlalu meminta spesifikasi komputer yang cukup wah.. dengan memory 512MB seal, ro, ayodance jalan cukup lancar di resolusi 1024×768 (software). Sekedar saran, ada baiknya mulai upgrade komputer warnet nya minimal memory 1GB (shared memory) persiapan buat RF-Online ataupun Cabal. Denger2 Granado Espada malah butuh memory 2GB🙂

  21. iyah..spec game online ga minta banyak lah pastinya.. klo masalah spec komputer aja mepet2, gmn mau maen.. ntr ga laku donk gamenya..hehehe

    eh bro, saya ada masalah nih..pas lg maen titan quest yah, gak ada skill cooldownnya gt.. (delay) yang klo di komp laen, saya liat ada.. ni masalah darimana yah? pendapat saya sih dari vga nya donk ya? klo ada solusinya saya makasih bgt.. soalnya penting ni.. peace🙂

  22. ok deh. wah boleh jadi bahan pertimbangan nih. kalo dah gak cukup kuat kan tinggal tancep yang NonOnboard. tapi kalo untuk RF online apa sudah ada yang coba? soalnya kayaknya yang bentar lagi booming itu RF online deh.

  23. @codename 47
    setting di option titan quest nya sama ga kayak di komp yg laen nya. klo software tools buat setting ati dah coba pake??
    @proyekwarnet
    gw blom pernah coba sih, klo yg internasional bandwidth ga kuat😦 yg lyto dah telat mo daftar close beta..
    klo gw baca2 di info website nya rf, ada sedikit masalah mengenai vga, coba baca deh. menurut gw kayaknya emang butuh sedikit vga yg lumayan ato cukup update driver nya aja.🙂

  24. klo di setting titan questnya sih ga ada masalah.. masalahnya itu emang standarnya ada.. tanpa ubah setting apa2 pun dah ada.. nah di catalyst centre nya yg diubah apa ya? coba diinstal titan quest nya donk bro.. liat apa emang masalah vga onboardnya bukan.. thx🙂

  25. saya ga punya game nya bro😦 maappp.. ntar tanyain temen dulu deh, kali aja ada yang punya. klo catalyst nya saya setting default dan pake atitool

  26. atitool tu yg mana lg ya?? coba dicari gamenya bro..titan quest = diablo 3🙂

  27. bro, di device manager saya ada hardware yg lom diinstal..yaitu video controller.. padahal software yang dari cd dah diinstal semua..kira2 bisa kasi solusi ga? thx🙂

  28. udah coba cek display adapter nya lom bro?? disitu seharusnya ada dua driver primary dan secondary. klo boleh gw saranin ada baek nya coba download ini driver ati radeon x1250 terbaru versi 7.6 udah termasuk GART Driver dan South Bridge Driver. klo masi ada hardware video controller yang belom ke install, coba cek bios nya lagi bro.. sebelumnya yakinin klo emang kamu ga ada hardware video selain vga onboard nya amd 690g. Mengenai atitool bisa liat disini software nya berguna untuk meningkatkan performa vga radeon semacam tool OC, pengalamannya tidak begitu membantu untuk vga onboard🙂
    masalah titan quest nya sorry bro.. saya ga nemu-nemu cd nya ampe sekarang.

  29. huh stres deh.. semua dah saya coba, tapi ga bisa jg..masi ada video controller dgn tanpa driver itu.. jalan terakhir tanya ke CS nya Biostar deh..😦

  30. atitool emang belum mendukung vista bro.. saya juga bingung bro mo bantu nya gimana.. silahkan dicoba dulu, semoga ada jalan keluarnya.🙂

  31. ada yg bisa bantu?….
    kok pake TA690G … disystem ga ke baca yach? AMD X2 4400… kebaca cuman procesesor (uknown type)….2300MHz

    gmana cara set up nya?

  32. ngomong-ngomong pake OS apaan bro?? coba update dulu system OS nya, mungkin belum mengenali prosesor tersebut.

  33. mau tny dung…
    klo pk radeon X1550, maen SEAL ONLINE kira2 bs lancar ga yah?
    soalnya kan saya skrg pake radeon 9200 pro family…eh….setiap kali maen SEAL musti hang ato klo ga monitor tiba2 mati sendiri (padahal gada kabel yg copot loh)…trus gmn ya cara mengatasi hal ini?
    utk sekedar info memory saya 254 MB RAM….

    mohon bantuannya…trima kasih

  34. klo ati radeon x1550 sebetulnya dah cukup bagus kok buat seal online dengan resolusi 1024×768, directX 9.0c di windows xp. suggest nya buat spek anda lebih baik tambah memory dulu jadi 512MB (minimal).

    semoga membantu.

  35. mau tny lg kk ^^
    saya kan sempat tny2 temen ttg problem yg saya alami ketika maen seal (hang/monitor suka mati sendiri), trus saya blg ke dia mau ganti VGA card… trus dia blg klo masalahnya itu blm tentu di VGAnya aja… dan katanya lg, VGA yg saya pake sekarang (radeon 9200 pro family) dah bagus…

    saya cm takut aja klo dah beli VGA baru (rencananya sih radeon X1550), ternyata hasilnya ga memuaskan dan tetap hang..

    pertanyaan saya sekarang itu, selain VGA dan memory RAM, apalagi sih yg menentukan performa game online yg kita mainkan?

    apa bener klo monitor suka mati sendiri pas lg maen game online tertentu itu dikarenakan tdk mendapat sinyal dari VGA?

    makasih atas jawabannya…maap merepotkan >__<

  36. saya setuju kok.. klo vga radeon 9200 pro sudah cukup bagus untuk games-games online saat ini. selain vga, memory, tweaking windows dengan menggunakan software tools juga cukup membuat prosesnya suatu program/games. mengenai monitor suka mati sendiri (seperti tidak mendapat sinyal dari vga) saya mau tanya kamu menggunakan monitor berapa inch? brp resolusi refresh rate nya? dan games online nya contoh: seal menggunakan resolusi brp? dengan vertex hardware atau software?

    senang bisa bantu.🙂

  37. bro…
    ada yang dah coba maen CS (versi saya 1.5) pake mobo ini belom? kok saya mengalami masalah ya? dengan video mode open GL, kadang2 geraknya gak wajar..(lebih cepet dari biasanya) n selalu texturenya ga penuh, ada aja bagian dari model yg hitam doank, atau bagian dari peta yang ga berwarna sebagaimana mestinya..😦 dari vista saya dah ganti xp lagi. driver dah gak bermasalah lagi kek nya.🙂

    o ya.. dengan tambahan.. klo video mode pake direct3d responnya lama..jadi saya dah gerakin mouse tp dilayar lom gerak..tapi ga ada masalah dengan texture sih..huhuhuhu

    lom dicoba dgn program pake openGL jg sih..mohon bantuannya..🙂

  38. biasanya saya maen seal pk resolusi 1024×768

    ngomong2 saya krg mengerti “tweaking windows”, “resolusi refresh rate”?

    soal vertex hardware ato software, bisa diubah sesuai denga keinginan melalui “ubah pengaturan” dari seal…. bisa tolong dijelaskan apa sih beda dari keduanya?

    maap ya byk tny…abis memang saya msh pemula bgt >__<

    trima kasih =)

  39. @pemudajakarta: mungkin coba bisa ke sentra komputer harga terakhir $82us

    @codename47: klo direct3D dengan software sprite mode (video option) gmn? di catalyst-nya, image quality setting ke high quality atau high performance? komennya saya gabungin.. gpp kan bro?🙂

    @luvluvgreen: saya pernah coba pake DA X1550 512DDR2 HM PCIx dengan resolusi 1024 x 768 dengan vertex processing harware maen seal3D tanpa masalah dengan memory pc3200 1gb ddr, dengan radeon 9550pro AGP “pc lawas” prosesnya tersendat2 jika menggunakan vertex=hardware sebelumnya dengan vertex=hardware tidak ada masalah pada saat seal belum patch ke 3D🙂 saya rasa memang ada peningkatan hardware minimum pada update client seal3d. klo vga onboard kayaknya mending resolusinya diturunin ke 800 x 600. btw.. dah coba dengan resolusi 800×600? gimana hasilnya?
    refresh rate itu tergantung dengan dukungan monitor anda, adanya di display>setting>advanced>monitor.
    tweaking windows buat yang doyan oprek regedit klik software lain ex: tweakxp, tweaknow, etc.. yang free bisa juga pake tweakUI punya microsoft.
    setahu saya, semoga benar.. vertex hardware menggunakan kinerja dari vga itu sendiri dengan catatan jika diaktifkan sedangkan vertex software menggunakan engine directx.

    sekedar berbagi pengalaman dan pengetahuan aja, semoga membantu.

  40. monitor saya refresh rate nya tertera “60 hertz”…tp saya belum tau pasti karena msh bs diubah2… (60Hz, 70 Hz, dst)…

    trus tweaking windows itu buat apaan sih? saya msh krg mengerti… >____< (kebanyakan tanya)

    saya biasanya maen seal dengan vertex hardware dan resolusi 1024×768….saya pernah main dengan 800×600 tp komp nya tdk kuat (hang terus menurus)..

    jika saya hanya menmbah memory saya (sebelum: 254MB RAM) menjadi 520MB RAM, apakah saya dpt memainkan seal dgn lancar?

    bisa dijelaskan beda DDR dengan DDR2?

    trima kasih… maap merepotkan

  41. klo saya biasanya pake refresh rate 75hz (crt/lcd) dengan diagonal 17″
    tweaking windows kan dah saya jelasin diatas🙂 ada linknya dan contoh-contoh software buat tweak windows. gunanya kostumasi windows sesuai keinginan, saya lebih prefer ke windows minimalis untuk memperkecilkan resource yang digunakan windows. fasilitas yang tidak digunakan saya nonaktifkan atau uninstall.
    kok aneh ya.. saya malah kebalikannya jika menggunakan vga onboard dari 800×600 ke 1024×768
    saya tidak bisa menjamin 100% klo upgrade memory ke 512MB yang anda lakukan dapat memperlancar performa seal indo, namun saya yakin ada peningkatan performa dalam setiap proses program termasuk seal.
    perbedaan DDR1 dan DDR2
    jumlah pin DDR1 184pin dan DDR2 200pin dengan pinset yang berbeda.
    volt DDR1 2.5volt dan DDR2 1.8volt
    kecepatan tertinggi DDR1 PC3200 dan DDR2 PC5400++
    Sumber: Internet

    semoga bisa menjawab semuanya🙂

  42. dah dicoba kok.. klo pake direct3D responnya telat.. jadi saya dah gerakin mouse tp beberapa saat baru ada respon. klo software sama kayak openGL cuma ga separah openGL. apa versi drivernya ga stabil ya? kok kek nya ampir setiap game bermasalah gini? saya pernah download driver yang dari website ati yang paling baru, tapi malahan selalu restart begitu masuk desktop. tanya ke costumer service malah disuru bawa ke taiwan.. pliss deh..😦

  43. waduh.. kok jadi ribet ya urusannya, setau saya.. counter strike itu menggunakan directx 8.1, seharusnya tidak ada masalah buat amd 690g memainkannya. gini aja bro.. klo emang oprek ini itu dan tidak berhasil, sebaiknya balikin aja motherboard ketoko tempat kamu beli, klaim garansi bilang aja vga nya bermasalah.. masih garansi kan?? belagak bego aja.. bilang semua game ga mau jalan.

    semoga membantu.

  44. broooo….sudah beres masalahnya.. saya terakhir DL lagi driver yg dari web ati. and sekarang dah beres. Counter strike ga ada masalah. kek nya driver dari CD biostarnya ga stabil deh itu. kalau ada yang mengalami masalah kek saya bisa DL driver dari ati langsung. jangan yang di website biostar. thx.. hidup AMD!!!!🙂

  45. Gw beli mobo ini dan cukup puas. Alasannya:
    1. Bisa jalanin Windows Vista dengan full fx (aero + glass)
    2. Cukup kuat jalanin games “sederhana” seperti “Dream Pinball 3D (SM1.1)”, “CounterStrike Source/Zero” meskipun pake resolusi cuma 800×600 tapi kecepatannya bagus.
    3. Fitur Overclock-nya mudah, bisa setting otomatis di BIOS.
    4. Support dual head/dual display tanpa tambahan VGA card lagi.
    5. Onboard sound 8 Channel, cocok untuk yang punya speaker 6.1 Ch.

    Memang ada rencana beli VGA GeForce 7900 u/ beberapa bulan ke depan, karena VGA onboardnya kurang bisa diandalkan. Gw pake processor AMD64 X2 3800+ yang di overclocked @4200+ via BIOS (Setting BIOS V6-ENGINE).

  46. mo nanya yg pada baru beli mobo Biostar TA690G dpt revisi brp? 5.2 bkn? trus biosnya yg kluaran tgl brp? bios yg paling stabil buat mobo ini ap y? bingung ni pas lg main dota sering tiba2 restart komp, tp klo buat main ro ma rf sih ga pernah restart.. pdhl utk dota udah disetting low-low semua option videonya.

  47. Biostar emang pilihan jitu buat mobo value dengan performa premium. Buat informasi, harganya sekarang di Jogja cuma 75 dolar. Eh, kang dab, saya punya informasi neh, sedikit pamer sih. Saya Punya PC dengan spesifikasi berikut ini:

    Mobo Sapphire PC-AM2 RD580 CrossFire AM2 (di Indonesia gak ada, dpt dari sodara yag kerja di Korea)
    Athlon X2 4200 AM2
    HIS x1950pro ICeQ3 256 MB x2 (Crossfire mode)
    Mushkin Redline 512 x2, PC 8500
    PSU Turbocool 850 Watt
    dan dengan berbagai aksesori dan coller extremenya.

    yang jadi masalah, ketika saya oprek pada FSB 360, dengan multiplier 9x, applikasi 3d seperti game dan 3d marks kok gak mau berjalan pada crossfire mode ya? jadi cuma jalan pada mode single vga. Lha yo tobat to, yen kanggo main F.E.A.R dengan full detil. Nganggo CF ben VGA-ne iso bahu membahu. Apa kalo CF itu harus memakai 1 Vga khusus Master? Mohon pencerahannya, soale pakar2 OC di YK juga angkat tangan neh.
    MAturnuwun, wassalam…

  48. wah.. spesifikasi nya keren tuh, lebih mantap kalo kita di kasi screenshot nya disini🙂
    masalahnya emang di mode crossfire nya ga jalan gitu?
    setahu saya crossfire (dual vga) pada vendor ATI memang membutuhkan dua vga yang masing-masing berbeda type satu master dan satu lagi slave tidak seperti dual vga nya nvidia. Soalnya pernah juga pengen liat kinerja ati radeon dual vga nya, saat itu ditawarin klo ndak salah 9800 pro master yang terpaut jauh harganya (bisa 2x lipat dari slave) bikin gw keki dan milih ga jadi nyoba😀

    semoga membantu, mohon dikoreksi jika ada kesalahan.
    terima kasih.

  49. saya menemukan sedikit pencerahan pak, ternyata memang bener harus memakai master yaitu x1900 crossfire edition. Anehnya mobo saya itu kompatibel u/ crossfire tanpa master, seperti seri x1300 dan seri x1600. Jadi ketika dijalankan pada frekuensi default (200Mhz s/d 300Mhz), mode crossfire pada x1950pro bisa berjalan, setelah frekuensi prosesor (FSB) dinaikkan Cf mode langsung berubah menjadi single card. Belum nyoba cari masternya, udah pengen seri HD 2900🙂
    Nggih mpun, maturnuwun…

  50. wah.. ilmu juga ni buat saya klo ternyata memang ada mobo yang bisa mengaktifkan mode crossfire tanpa master card. Gimana klo frekuensi default pada vga (pci-ex/agp) di naekkin juga.. udah coba?
    Tapi hati-hati ya, ngga jamin juga soalnya. Resiko tanggung sendiri😉

  51. spek wat maen ayodance yang gag lag gmn siii??
    soal na pake laptop VGA 64 RAM 512..
    bs ganti vga gag ya laptop??
    trs kr2 256 – 512 VGA laptop brapa an???
    thanksss kalo d jawab./..

  52. spek laptopnya kayaknya emang kurang ngangkat wat ayodance dan ga ada detail spesifikasi dari webnya sendiri. Coba ditingkatkan lagi kinerja VGA nya, minimum kayaknya 128MB.
    Kalo ternyata VGA memory nya bisa share coba di share ke 128 aja dulu bro..
    setahu saya VGA laptop ga bisa diganti ataupun di upgrade, kecuali ganti laptopnya🙂

    maaf klo telat balesnya, sebetulnya kurang tepat taro disini pertanyaannya ga nyambung ma postingan yang dibahas.

    Terima kasih.

  53. bro jags… boleh ikutan ya..

    mau nanya nich, gw lagi mo upgrade komp, and mempertimbangkan mobo yang akan dipake biostar TA690 ini atau TF7050. bedanya kan cuma vga onboardnya doank. gw baca dari atas, ngga ada perbandingan mobo TA690 ini dg TF7050. kira2 mana yang sebaiknya gw pilih ya? karena untuk beberapa bulan ini gw bakal mengandalkan vga onboardnya, sementara nabung untuk beli vga offboard. ngga bisa sekaligus beli soalnya rencana mo beli HD2900pro, agak mahal..

    tq..

  54. kedua-duanya memang sama baik nya tinggal masalah selera itu bro.. jangan lupa ma budget nya🙂
    klo saya pribadi lebih prefer ke single chipset nya nforce

    semoga membantu.

  55. gw baru beli PC raitan dengan TA690 ini, share VGA 256 buat main stunt GP berat banget, gw belum coba set ke 512? klo mau nambah VGA sendiri yang bagus apa ya? n harganya berapa?

  56. @r04d5t3r
    ada bahan perbandingan tuh dari toobagas, makasih.

    @dee
    tergantung budget dan tingkat kepuasan anda🙂
    bagi saya budget di kisaran 1jt buat VGA masih terbilang wajar baik menurut kinerjanya.
    ATi HD2600XT atau Nvidia GF8600GT mungkin bisa jadi bahan pertimbangan bisa cek harga nya di rakitan.com

    semoga membantu.

  57. gw dah nyoba biostar ta-690g,,, hasilnya gk mengecewakan bgt koq,,,dibandingin sm mx 4000 mah jauh,,,masih diatas fx5200 juga masih diatasnyah,,, buktinya gw maen NFS carbon, lancar (wlupun low), truz brusan NFS pro street jg jalan lancar tuh ^_^. padahal cm pke proc x2 3600, ram 2×512 5300 apogee (di OC di bios pake oc engine yg stage 3). clock proc naek 20%,dr 2G jd 2,4G. kan lumayan.

    buat mas BatavianX,,gw maen Counter Strike Source,,resolusi 1024×768, grphic gw pol-in smua. masih lancar car car koq,,,^_^. jgn2 patah2 coz server Counter Strikenya yg ca’ur. wekekekeke,,kbanyakan BOT tuh^_^.

    btw nfs carbon sama prostreet, mlah bagusan pro street pake x1250 ini. btw cm di share 256,,believe it or not. gk usah sampe 512 sgala.

  58. hidup AMD….besok khan ada pameran diyogya…meskipun agak telat dengan perkembangan…tapi aku lebih suka AMD dibandingin IxTxL……….

  59. dari segi kinerja AMD sebenarnya ga kalah sama Intel di segi harga AMD sekarang ga jauh beda harga nya sama Intel di kalangan hobbiest AMD dipakai buat OC alias geber2an namun processor yang bisa di OC itu jarang sekali di dapat. Tampaknya AMDer’s butuh suatu yang baru dari produsennya jika tidak maka penjualan AMD akan merosot terus.

    Dari jaman K5 saya dah pake AMD :p

  60. mazzz jags ato AMDker’s semuanya….
    saya mau tanya nich, besok aku mo niat beli PC, kriterianya sbb:
    Pros: AMD Athlon64 X2 4000
    MoBo: Biostar TA690G
    RAM: DDR2 A-Data 512 x2 (1GB)
    HDD: WDC 160 GB (8mb)
    Drive: DVD-RW Samsung 16x
    VGA: ??? (belum punya bayangan N budget yang cukup)
    +case+key+mouse+stavolt
    kira2 dengan budget yang cuma Rp.3,5jt g lebih N ga kurang bisa ga tuch tercapai….
    n masalah VGA aku pake yang onboardnya dlu…VGAnya nyusul….
    ato maz sekalian ada sara buat aku, baiknya yang perlu dikurangi atau diganti apa biar performancenya josssss…..tapi dengan anggaran segitu…
    makasih sebelume……..

  61. buat patokan harga bisa ke http://rakitan.com/spart.htm untuk harga pasaran jakarta (M2M), bugdet kayaknya cukup. klo boleh saran, mending beli ram 1gb satu aja pc 6400 (klo bisa), plan ke depannya buat penambahan 1gb lagi jadi 2GB (1GB x2). Ram 1GB kayaknya dah minim required sekarang, harga nya juga murah kok🙂.

    semoga membantu.

  62. Om nanya lagi, untuk masalah game udah lancar karena ternyata salah seting. sekarang BIOS yang jadi suka ngehang, boot awal cuma detek mobo aja, deteksi selanjutnya memory, hardisk … tidak kelihatan (hang) keyboard juga hang. Solusi biasaya saya biarin aja, terus matikan beberapa lama. dinyalain lagi eh udah bisa masuk windows lagi. BIOS TA690 udah saya update ke versi terbaru tapi sempet kejadian hang sekali lagi dan setingan BIOS gak ada yang dimacem2min bahkan seting default. Kira2 apanya ya? atau ganti aja mumpung masih garansi.

  63. pas kena masalah bios baru kamu update bios nya atau sebelum kena masalah bios nya udah kamu update dulu? masalah di bios bisa karena kurang tegangan dari power supply ataupun error voltage dan bisa juga karena komponen mobo yang error (kemungkinan jeleknya).
    Kalo sesudah kamu update bios baru kena masalah bisa jadi sewaktu flashing bios ada gejala tegangan listrik ga stabil, sebaiknya minta ganti aja mumpung garansi tapi pinter2 ngomongnya.🙂

  64. Masalah terjadi sebelum PC diapa-apakan, setelah BIOS di update masalah masih terjadi. Masalahnya Hangnya gak tentu. Kadang pagi baru dinyalakan hang, terus didiemin aja gak lama siangnya udah bisa masuk windows lagi. Kadang seharian bisa eh pas sore dinyalain hang lagi. Memang Voltase batasan rangenya berapa? klo dimonitor dai s/w sih stabil kok. Ada yang bilang dari Memorynya. Masalahnya saya gak punya memori cadangnan untuk ngetes ganti memory.

  65. klo mo lihat tegangan teratur atau ngga bisa lihat di harware monitor biosnya. Bisa jadi itu masalahnya dari memory juga, memang sebaiknya dikembalikan ke toko dengan alasan sering terjadi gejala hang tanpa tahu sebab seperti kejadian yang anda kemukakan diatas. Semoga pihak toko memberikan solusi yang terbaik🙂
    mumpung masih garansi😀

  66. Kalo mo beli biostar yg asli & bergaransi langsunng aje ke SME (Distro resmi). Gw juga mo beli nih, kebetulan kenal sama bos SME nya, sapa tau bisa dapet diskon.

  67. mas saya dah beli PC:
    Pros: AMDATHLON64X2 4000+
    mObo: Biostar TA690G

    lha cara ngoverlocknya tuchj gimana???disetting dimana….
    katanya moBonya dah Onboard sampe 512mb, lha tuch supaya kinerjanya FULL gimana…soalnya aku liat di DXDIAG approx.total memorynya cuma 320mb gmn tuch….
    masa buat pake NFS yang Underground koq macet2, padahal tu dah low bgt……

  68. wah.. ada kenalan nya boss SME mampir dimari, bisa dapet harga miring ne😀

    @Dedhi
    coba liat2 lagi komentar2 diatas mas.. ada kok yg kasi tau cara OC
    ada komentar mas “rendra stanford” yg OC lewat V6 Engine nya Biostar dari Bios dan komentar2 lainnya.😀

    semoga membantu.

  69. overclock lewat bios, mas dedhi,,
    kalo masih awam, paling gampang pake fasilitas automate overclock enginenya,,kan ada 3 stage tuh \; V6,,V12,,dst (klo gk slah). dcoba setahap demi setahap. kalo tahap pertama stabil (stabilitas diuji dgn njalanin OS, game, aplikasi2),,pkoknya kalo smuany lancar, boleh naik k tahap berikutnya. jangan dipaksain OCnya.
    pastiin juga hardware siap OC,,jgn sampe pake power supply ecek2,,resiko kurang daya,salah2 bisa jebol.
    ‘nah klo udah ‘ngerasa’ bisa,,seting OC k manual, bisa naikkan voltase, naik/turun multiplier, timing RAM diperketat atau di longgarin (Tras,Tcas,dsb).
    tp OC pke automate overclock d BIOS TA 690G bnr2 gampang koq.tinggal di set mau stage brp, f10, restart. kalo stabil y berhasil^_^
    overclock ‘on the fly’ AKA pake software, kurang bagus.
    slamat mencoba,,,^_^

  70. satu lagi tuts guide buat OC Biostar TA690G dari mas junin.. bisa di ikutin buat semua terutama mas dedhi🙂

    OC secara bertahap dengan me-monitor ketahanan hardware perlu digarisbawahi, perhatikan suhu prosesor, chipset dan kestabilan voltage PSU klo dulu biasanya pake software prime95 buat menguji kestabilan hardware. Sebaiknya gunakan aksesoris OC juga🙂

    makasih atas bantuannya mas junin🙂

  71. klo chipset 690G ma 770 bagus mana y??
    klo dgabungin ma x2 +5000 black edition, RX550 bagus ga kira2? cos budget terbatas.

  72. wah.. saya ketinggalan berita ni mas.. makasih infonya😀

    hasil googling mengatakan chipset tersebut mendukung prosesor multi-core AMD Phenom.. selengkapnya dari chip

    ada info lagi mengatakan bahwa ada sedikit bug pada AMD phenom L3 cache nya selengkapnya dari ocindo.com sebaiknya menunggu revisi dari bug tersebut.

    klo sempet ntar saya kumpul-kumpulin semua info tentang chipset 770 ini disini, kebanyakan maen games ni..😆

  73. wah..dah lama ditinggal taunya masi ada postingan ya..
    bro..gw mau colok HIS HD2600XT yg IceQ trus mau dioverclock tu vga..kira2 butuh PSU yg brp ya?
    skrg cuma pake simbadda yg 430Watt.. mohon bantuannya yah.. ^^

  74. hehe.. ketauan malesnya buat posting gw :p gimana kabarnya bro?..
    setahu saya HIS HD2600XT membutuhkan konsumsi daya yg ga sedikit, sebaiknya gunakan PSU yg memang lazim digunakan kalangan OC PSU yang biasanya mencantumkan kata-kata “pure power”, “Active PFC”, secara fisik bisa dikatakan berbobot dari segi kabel, case dan fan yg digunakan.
    Saya pribadi menggunakan Acbell karena lifetime warranty, walaupun tampilan kurang meyakinkan dan hanya 340Watt tapi kinerja pure power dan Active PFC sangat menjanjikan itupun dah dipake dari jaman OC AMD Athlon XP 1800+ gw😆 sekarang semua perlengkepan OCnya dah pensiun.
    Balik lagi ke masalah PSU kamu, mungkin merk Antec atau Acbell cocok untuk mensuplai power HIS HD2600XT IceQ yang anda butuhkan. Sebenarnya PSU bagi saya adalah modal awal buat OC😀

    semoga membantu, sering2 mampir ya bro :p

  75. maksih semuanya…..

    AMD “Smarter Choice”

    g nyesel dech pake AMD………………………………..

  76. MAS,GW PAKE TA690G, PROC NYA SEMPRON LE 1100, 2X1GB 667 ELIXIR, PSU EXTREME. MONITOR SAMSUNG 17″. KIRA2 BUAT MAEN NFS PRO STREET DAN CRYSIS NGANGKAT GAK YA?

  77. BALESNYA YANG CEPET YA MASS. SOALE AQ WIS RA SABAR PENGEN MAEN NFS PRO STREET KARO CRYSIS…

  78. @mas donie

    buat perbandingan ya mas..
    saya pernah test maen NFS yg underground 2 dengan share memory ke vga 512 total memory saya 1GB menggunakan mode high detail resolusi 1024 (pada games) hasilnya ga memuaskan alias patah-patah, tapi klo dengan resolusi 800×600 dan mode medium cukup nyaman buat memainkan NFS tersebut. Kayaknya buat main NFS sangat diperlukan prosesor graphic vga yang berada di atas spesifikasi vga onboard.😀

    semoga membantu.

  79. bozz, q pake ta690g, kalo performa on board vga nya dibandingkan dgn HIS ATI X1550 128/128GDDR3, bagusan? X1550 bwt maen CRYSIS resolusi 800×600 detail medium nyaman g?

  80. @mas andry

    CRYSIS game FPS mirip2 far cry ya??..

    dulu pernah saya maen far cry pake vga shappire radeon 9600 PRO (AGP) dengan resolusi 1024×768 resolusi medium nyaman kok, dengan catatan kondisi bukan buat online cuma maen campaign multiplayer (LAN). klo buat online, semakin tinggi setting grafik dan efek semakin besar pula butuh bandwidthnya.

    semoga membantu.

  81. emang sih gw pake vista oemcrack… tapi ternyata mobo ini ga kompatible oem bios nya dg oem bios crack yang ada… jadi now gw pake vista original versi

  82. bozz,kalo ta690g di kasih GF 6200 kira2 mubazir gak??? coz om gue punya jetway 6200 nganggur, rencana mw tak pake. kira2 performanya gmna??

  83. kayaknya ga jauh beda ya sama vga onboard nya, karena ta690g menggunakan chipset video x1250 yang setara dengan geforce 6150. klo emang nganggur ga ada salahnya di pake boss, mengurangi beban pada mainboard kan lumayan tu gf6200. klo musti beli yg jangan😀

  84. bozz,kalo menurut performanya, ati hd 2400 dgn GF 8400GS tinggi mana? keduanya sama2 pake 64bit khan? kedua vga itu bisa di OC gak?

  85. masss…..
    kalo mobo TA690G tak kasih VGA Nvidia GF py mas…???
    bahaya gak, dari performa gimana pengaruh gak….

  86. ga bahaya kok mas.. selama mainboard nya ada slot PCI-Ex atau AGP nya
    mengenai performa tergantung dengan VGA nya itu sendiri🙂 performa nya ditentukan dari VGA tambahan sedangkan VGA onboard nya (TA690G) otomatis disable.

  87. salam kenal. saia udah lama pakai mobo ini, sangat memuaskan untuk ukuran VGA OB. maen crysis kuat dan lancar meski low semua, bahkan COD 4 jalan lancar kok.

  88. mass,OB TA690G dipake maen Lost Planet DX9 lancar gak? N kalo OB nya di OC pake Ati TOOL bisa gak? NB: koq pass jalanin 3D MARK 05 gambarnya patah-patah ya?OBnya kan udah DX9+SM2 tho mass? padahal reolusinya udah di kecilin jadi 800X600.shared to 256.

  89. mass,OB TA690G dipake maen Lost Planet DX9 lancar gak? N kalo OB nya di OC pake Ati TOOL bisa gak? NB: koq pass jalanin 3D MARK 05 gambarnya patah-patah ya?OBnya kan udah DX9+SM2 tho mass? padahal reolusinya udah di kecilin jadi 800X600.shared to 256.system memory 2X1GB 667.Proc LE1100.

  90. numpang nanya mas yang jago komputer, gini nih kan saya main game seal online tapi koq sering nge hang sama restart sendiri ram saya 512 mb. paling main seal cuma bisa setengah jam abis itu nge hang . gmn ya solusi nya

  91. BRO AKU KEMARIN BELI TA690 DIPASANGIN AMA ATLON64 LE1620 KOK SETELAH INSTAL VGA+CHIPSET CDNYA KOK GAK BISA MASUK WINDOWS ALIS BERHENTI PADA MENU WELCOME XP.

    MOHON BANTUANYA YANG TAHU NGABARIN DI :

    jebyen@yahoo.com

  92. buat jebyen@yahoo.com

    coba install pake cd installer xp yang lain..
    gw rasa korup tuh..
    atau beli yang asli..mumpung om bill gates udah mundur dari ms.
    other way.. use linux.

  93. buat penggemar Biostar TA690 M2 pasti puas, gue udah make motherboard ini january 2008 en tidak ada masalah, malah gue upgrade dari X2 4000+ ke X2 5200+ Black Edition (kedetek ampe 3.16 Ghz per masing-masing corenya) semakin kenceng dan keren tdk macet n tidak ada problem sama sekali.
    Gue puas ama Biostar kelas T ini. Wah, seri TA790 udah ada waduh harus upgrade lagi yah?

  94. siapa bilang x1250 onboard dari biostar ga’ bertaji aku sendiri bulan lalu beli motherboard ini dengan kucoba game battlefield 2 res 1024×768 high quality sekitar 40,6fps

  95. aku rencana mo beli md ta690…setelah lihat mail list kok jadi ragu ya….mnding beli mb biasa trus vganya pake nvidia … piye mas???

  96. rencananya mo pake mb biostar ta690g,proc. ahtlon x2 5000, ram kingstone 1 gb, aku tertarik ama vga onboardnya.. kira2 performanya bagus gak mas? bakes ya…thanks..

  97. bebrapa hari lalu aku beli MB TA690 da diinstal ya lancar aja…… pernah kipas prosessor mati karena jena kabel data. panasnya sampai 92 derajat setelah kipas nyala pansnya turun sampai normal nya 30 drjt.

    spek yang dibeli
    cuma Memori 1 giga pake visipro 5300, hd wdc 160 gb
    untuk memori baiknya pake yang bagus apa…. apakah dengan visipro da bagus….

    kemarin tak coba main Wining Eleven 9 share memory 256 memang jalan tapi masih kelihatan seperti patah-patah resolusi pake 800×600

    rencana mo beli VGa baiknya yang seperti apa terus terang komputer hanya dipake untuk oleh grafis (photshop,flash, 3D, captivate, pinnacle n game midle yang sedang seprrti CS, NFS, Vrally, WE, Age ampire itu aja)

    sekarang lagi dites dihidupkan semaleman mumpung masih grs

  98. Bos gwa pndatang baru neh, gwa mo nanya.. knpa di kmpter gwa aprox total memorynya selalu n/a.?
    Padahal dah di coba instal ulang ga jga bsa. knapa ya.>

  99. Dex_Ray>>> mgkn sensor biosnya udh KO tuh..

    skrg ak pake spek :
    MB TA690G, Proc Athlon 64 3000+, RAM Mushkin Dualkit 2x1Gb, VGA PCIEx Jetway X3SE-ED 128, HD160GB. ak pake lancar bgt, gk ada masalah. buat tmn2 yg tau, kalo mau ak upgrade ke Athlon X2 bs smp ke seri X2 yg berapa ya ?

  100. maaf tmen2 bleh tanya g? knapa ya ku install driver lan mainboard ta690 m2 di atas to ko g bisa ya dia selalu muncul peringatan ” yang intinya suruh pasang pci lan card ” di akhir instalasi padahal lan nya kan onboard. ada solusi ga temn2 ? klo ada tlong bls ke email ku ya…. thanks..

  101. gan,,ane instal driver vga ati radeon x1600 256mn di p5k kok sll ga competible ya…tlg ksh saran agan2,,,thx ya

Comments are closed.