Well done..


Ahk… akhir nya semua pekerjaan selesai sesuai dengan waktu perencanaan nya, walaupun tidak semuanya sesuai dengan target dan keinginan pribadi. Makasih buat semua yang udah bantuin, Saatnya bercuap-cuap ria disini.🙂

Gak nyangka blog gw udah masuk ke 4 digit, makasih lagi buat yang udah mampir disini. Kalo gw liat banyak yang lihat ke artikel mikrotik. Sebenernya bukan ga mau kasih tutorial lengkap sampe ke firewall dan semua setting queue nya, karena saya sendiri sebenernya masih banyak mengalami masalah koneksi ketika semua contoh-contoh tutorial yang juga saya dapat di dunia maya ini masih banyak mengalami benturan firewall contoh : koneksi msn bermasalah, adalagi salah satu game online lokal pun ikut di blok sama firewall nya. Saya masih butuh pembelajaran lebih lanjut mengenai ini.

Bagi anda yang membutuhkan suatu queue yang membatasi bandwidth ke semua client sama rata atau disebut juga dengan PCQ (Per Connection Queue) dengan melakukan metode equal untuk semua client yang terkoneksi ke router, menurut saya bandwidth limiter PCQ solusi yang baik.

Marking packet

/ip firewall mangle add chain=prerouting action=mark-packet new-packet-mark=all passthrough=no

Menentukan pemakaian bandwidth upload dan download dengan PCQ

/queue type add name=”PCQ_download” kind=pcq pcq-rate=64000 pcq-classifier=dst-address
/queue type add name=”PCQ_upload” kind=pcq pcq-rate=32000 pcq-classifier=src-address
/queue tree add parent=global-in queue=PCQ_download packet-mark=all
/queue tree add parent=global-out queue=PCQ_upload packet-mark=all
/queue simple add queue=PCQ_upload/PCQ_download target-addresses=192.168.0.0/24

Sekian.😀