Setup Tutorial Dome Camera with Vguard CCTV on Windows System


Judulnya sok barat isinya indo-indo juga, emang ga bisa nulis english mo diapain. Pada awalnya saya berpikir bahwa ini suatu kesempatan buat saya sebagai pemula untuk belajar lebih banyak mengenai dome camera meskipun nyatanya saya ga pernah mendalami pemahaman soal dome camera maupun vguard nya. Berkat yakin aja dan bimbingan sang guru Pak Jul koneksi sang juragan di Jakarta akhirnya berjalan lancar walaupun banyak kendala pemahaman pada perangkatnya. Saatnya saya berbagi ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan buat semua yang membutuhkan akan pengetahuan ini semoga bermanfaat. Mohon maaf jika gambar dibawah terkesan apa adanya dan kurang jelas karena terbatasnya kamera hape yang saya gunakan.

Dome camera yang saya gunakan Merk NCS

dus paketisi paketdsc00928edited.jpg

Sebaiknya baca terlebih dahulu buku manual pada dome camera ini untuk menentukan jumper set pada camera yang menentukan address masing-masing dome camera (jika pemasangan lebih dari satu dome camera), jika pemasangan satu dome camera saja setting jumper bisa pada mode off semua. Sebagai catatan address camera disini ditentukan pada jumper DS2.
Selanjutnya Perhatikan warna kabel Orange dan kuning pada bagian dome camera seperti gambar diatas, kedua kabel tersebut berguna sebagai I/O data dan kontroller motor kamera (sebagai penggerak) yang akan dikoneksi ke PC melalui konverter RS485 seperti pada gambar dibawah ini

dsc00967.jpgdsc00969.jpgdsc00970.jpg

Pada konverter ini kabel dari dome camera menggunakan terminal satu dan dua seperti terlihat pada gambar ketiga (konverter) dan setting jumper SW1 dan SW2 pada posisi 1. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada manual booknya. Dari konverter ini keluar kabel (yang include dalam paketnya) ke port com pada komputer.
Sekarang kita lanjut pada Vguard software, disini saya tidak membahas bagaimana cara instalasi software dan driver hanya fokus pada setting software nya saja. Pada tab menu I/O tab klik new > isi “Name” terserah kemudian type > “PELCO_D_2400” port > “Com yg digunakan” Address > “Ditentukan pada setting jumper DS2 pada dome camera (default = mode off, address = 1”. Gambar pada I/O Tab Menu Setup mungkin bisa sedikit membantu.

dsc00972edited.jpgdsc00971edited.jpg

Kemudian pada tab menu camera bisa dilihat pada camera name (dimana dome camera terinstalasi) contoh: “camera11” pada bagian PTZ control masukkan nama pada bagian I/O yang anda setup seperti gambar diatas sebelah kanan. Selesai setup, saat nya watching da show beybeh.
Login pada software vguard klik tombol ptz kontrol (pada bagian tanda “cross” seperti pada gambar dibawah) typing fokus, zoom aktif sesuai dengan kemampuan dome camera anda. Bagian bawah tombol layaknya joystik adalah panel kontrol pandangan camera “kiri, kanan, bawah” sesuai tombol sesuka hati anda.

22759edited.jpg

Akhirnya selesai juga tutorial singkat ini, sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak buat Pak Jul yang bersedia menjelaskan secara pelan dan detail dalam waktu yang tidak sedikit makan pulsašŸ˜€ semoga tutorial ini bermanfaat untuk pembelajaran kita semua.

14 thoughts on “Setup Tutorial Dome Camera with Vguard CCTV on Windows System

  1. Dah pernah setting online… atau pasang untuk live streaming nga???
    saya punya DVR ChetaurXP trus saya coba setting sama kayak yang di manual..
    trus saya pake ISP/profider internet dapat IP public tapi belum bisa online juga.
    bisa bantu nga???

  2. saya da pasang Vguard 8Ch denga programnya ChetaurXp nah… masalahnya saya di minta untuk mengonline.. kan CCTV server ini via web.. atau Via Program tapi belum bisa juga, walau sudah ngikutin semua panduan,
    ini sistem yang saya pakai:
    DVR Vguard PC
    DVR Standalone 8Ch
    IP Public
    Router Level one
    Dvr Standalone Set pada port 10
    sedangkan Dvr Vguard pada Port 80

    Catatan (Dvr Standalone berjalan apa adanya dan online Via Web)
    yang DVR Vguard Nga Bisa online Lan Aja nga bisa di akses

  3. bos saya dah bisa online dengan vguard XP walau agak kurang tampilannya
    onlinecctv.wordpress.com

  4. bos, vguard ane kok merekam terus2san ya, walaupun tidak ada gerakan, caranya gimana yah supaya hanya merekam jika ada gerakan saja..? hardisk ane jadi cepet penuh.

  5. gak pa pa judulnya kebaratan,..yg pnting isinya,…postingnya lumayan bagus nih,…trus berjuang ya,…jadilah blogger sejati

  6. mas ak orang yang benar2 awam kalau tutorialnya yang mudah dan simple dan pakai yang merah ada gak???

    1. pakai yang merah maksudnya gimana mas?

      tutorial yang saya share disini berdasarkan pengalaman pernah mencobanya saja.

  7. Agan…saya minta bantuan donk…
    saya pemula di cctv, saya ada 2 card GV-800 16Ch, saya di minta menggabungkan ke 2 card tersebut ke 1 PC agar tampilan menjadi 32Ch, mohon bantuanya Agan!! kl ada bisa send ke email si461an@gmail.com

    Tx Agan!!

Comments are closed.