Tutorial setup Router Dlink LB-604 Buat maen bareng Games Online Point Blank


Dah lama banget ga posting2 disini. Pengen post, tapi bingung mo post apa lagian sekarang udah banyak ga aktif di meja kebanyakan beredar dijalanan. hahaha.. Dapet comment dari bro kadek yang kasi semangat buat posting2 lagi hehehe..
Ok, lanjut ya gan.. Kejadiannya gini.. Ada client saya yang mengeluhkan koneksi jaringannya yang tidak bisa memainkan games online Point Blank satu room dalam satu LAN, padahal koneksi nya sudah cukup memumpuni. 2 line sapidot yang 1MB dengan mode auto load-balancing with router Dlink LB604. Tadinya saya pikir koneksinya yang kurang karena indikasinya games point blank butuh koneksi yang cukup bagus karena banyak menggunakan protocol UDP, jadilah ditambah koneksinya ke 2MB sang sapidot. Alhasil sapidot totalnya 3MB meskipun kadang2 nyampe nya cuma 2MB karena line FO yang kurang bagus (kata teknisi sapidot ya gan :D). Tapi kendalanya disini, Point Blank tetap saja ga mau maen bareng satu LAN di router LB604 ini😦. Artinya.. masalahnya emang ada di routernya dong klo gitu..
Dengan push semangat dari user2 Point Blank, games yang notabene games abad ini yang tembus 2juta pengguna online mau tak mau harus trial n error dengan Dlink LB604 product lawas sudah discontinued. Musti banyak modal tuts dari forum2 online nih.. Tutz dari Om lucubrb di forummikrotik.com sangat membantu saya untuk menentukan port2 dan destination address yang mana yang akan dimanage.

Ok langsung ke TKP gan..
Login ke Router sebagai Admin. Masukkan ID dan Password nya
Langsung aja ke tab Advanced terus ke Kolom NAT disini awal konfigurasinya
NAT Configuration : Enable, TCP & UDP TimeOut Default
Pada kolom non-translation Port Range kita isikan 40000 – 40010 non-Translations Enable.
Untuk lebih jelasnya bisa lihat di screenshotnya

Kemudian lanjut ke set NAT Alias yang buka tabel baru
Set NAT Alias Enable, Local IP = IP LAN dan WAN IP = Jalur koneksi speedy yang akan anda gunakan WAN1/WAN2. Allow Inbound = Enable, Protocol = UDP, Port Range 40000 ~ 40010 then click Apply
Ok? tenang.. screenshotnya ada kok😀

Done! Dengan mengikuti semua step diatas mudah2an bisa maen bareng games point blank nya dalam satu LAN. Untuk optimalisasi bandwidth, bisa dilanjutkan melalui kolom QOS pada Advanced tab.
Local Address sengaja saya kosongkan 0.0.0.0 dengan asumsi untuk semua LAN yang menuju ke Remote Address 203.89.146.0, UDP protocol dan Destination Port 40000 ~ 40010 dengan Priority Queue High.
SS? Ada dong gan😀

Nah ini screenshotnya gan dan juga sebagai penutup postingan saya😀

Sekian, semoga membantu.
ps*
jangan takut trial error gan.. klo ga gitu.. ilmu ga nambah2.. itu kata2 mbah2 yang pernah ngajarin saya.
mokase banyak2 untuk user2 setia (tanpa sebut nama) yang sudah support aku biar pacak setting dewek router jadulnyo dlink. mokase

9 thoughts on “Tutorial setup Router Dlink LB-604 Buat maen bareng Games Online Point Blank

  1. kalo untuk modem Articonet ACN-110R gmn ya gan…

    mohon di kirim ya ke email boleh

  2. kalau ingin remote mikrotik dari luar, settingan DI-LB604 nya gimana gan?? ditungu jawabannya nech.

  3. mas saya udah coba tutorialnya bagus…tapi di router saya tetep aja point blank gak mau maen satu room dalam satu LAN padahal saya udah pake speedy Executive 2mbps masing2 pada wan1 dan wan2, kira2 masalahnya ada dimana lagi ya?

  4. btw router ne opo? yang jelas langkah2 NAT terlebih dahulu, QoS hanya menjamin benwit buat pb nya. setiap habis setting “apply” udah semua coba restart routernya.

    tools > misc > Application : Restart.

  5. sama dgn pertanyaan Zidtio…klo settingan buat prolink H5200c gimana ya om? makasih

  6. numpang nanya mas bro…

    klo setting QoS & NAT di ADSL2+ Modem Router gimana optimalnya, mas bro?
    buat bagi rata bandwith & delay Ping-nya (kasus ketika 2 PC Maen game Online, 3 PC browsing, 2 PC dombret MP3).

    oia, saya gunakan :
    *1 line Speedy 2Mb (downstream 2455kbps, upstream 607kbps)
    *Modem TP-Link TD-W8101G (Wireless ADSL Modem Router)
    *Switch 16 port D-Link DES-1016D

    terima kasih

Comments are closed.