Preview Intel Sandy Bridge


Sandy Bridge tetap menggunakan nama prosesor dari generasi Core i7, i5 dan i3, sedikit perbedaan hanya ada pada penambahan angka 2 sebelum nomor SKU (model) dan 600 adalah nomor SKU.

Berikut penjelasan penambahan kode setelah nomor SKU seperti pada gambar: K (Letter Suffix).

Seri K = Unlocked Multiplier (OC suggestion)
Mungkin beberapa kalangan sudah mengenal seri ini, karena seri ini sudah mulai beredar dipasaran dengan Max Multiplier x57.
Seri S = optimalisasi pada performa
Infonya, seri S akan berjalan dibawah kecepatan normal. Ex: Ci7 2600 normalnya pada kecepatan 3.40GHz, sedangkan seri S akan berjalan pada 2.80GHz. Namun untuk kecepatan maksimum pada mode turbo akan tetap sama (3.80GHz). Begitu juga dengan konsumsi daya, seri S pada kondisi normal hanya membutuhkan daya 65Watt.
Seri T = optimalisasi pada daya
Pada kondisi normal seri T sudah mengkonsumsi daya sebesar 95Watt. Sepertinya seri ini lebih diperuntukkan bagi konsumen yang lebih membutuhkan kualitas gambar dan performa, karena ada kemungkinan pengaruhnya pada maksimalisasi GPU clock.

Untuk saat ini prosesor tercepat di LGA 1156 adalah Core i7 880. Saat launching Sandy Bridge awal tahun depan, prosesor tercepat LGA 1155 akan menjadi Core i7 2600.

Teknologi Processor
Sandy Bridge tetap menggunakan CPU 32nm tapi dengan GPU tertanam didalamnya, tidak seperti Clarkdale/Arrandale yang mempunyai GPU 45nm berada dalam paket (berdampingan pada CPU). Perubahan pada Sandy Bridge tidak hanya GPU yang tertanam saja tapi juga share L3 cache dari CPU.
Cache sebagian besar tetap tidak berubah. L1 cache masih 64KB (32KB + 32KB instruksi data) dan L2 masih 256KB pada latensi rendah. Namun cache L3 telah berubah. Core i7 2600 memiliki L3 cache 8MB, Core i5 2500, 2400, 6MB dan 2300, 2100 memiliki L3 3MB. Perubahan lain tampak juga pada cache latency L3 atau prefetcher aggressiveness. Meskipun tidak begitu akurat namun setidaknya memberikan sedikit gambaran kasar tentang perubahan latency antara arsitektur serupa.

Teknologi GPU
Ada dua konfigurasi berbeda pada GPU, ada internal dengan 1 core atau 2 core. Single core GPU SB mengacu pada 6 Eus atau setara dengan NVIDIA CUDA core dan dual core memiliki 12 Eus. Namun begitu, belum ada info resmi dari Intel mengenai bagian mana saja yang mendapatkan konfigurasi GPU dual-core/12 Eus. Meskipun sangat logis bagi untuk Intel untuk merilis 12 Eus, terutama pada notebook mengingat pentingnya grafis terintegrasi ke pasar mobile. Review dari testing overall kinerja yang di lakukan anandtech dengan menggunakan Core i5 2400, hampir semua aplikasi dan games Sandy Bridge berada 5 point diatas Radeon 5450. Bukan tidak mungkin, ini juga merupakan ancaman bagi pasar entry level diskrit VGA.

Overall update pada Sandy Bridge
Kedua CPU dan GPU pada Sandy Bridge akan dapat turbo independen satu sama lain. Jika Anda bermain games yang menggunakan GPU lebih dari CPU, CPU dapat berjalan pada kecepatan yang sama (atau lebih rendah) dan GPU dapat menggunakan headroom termal tambahan untuk menaikkan clock-nya sendiri. Hal yang sama berlaku sebaliknya jika Anda menjalankan sesuatu komputasi yang intensif.
Di sisi CPU minim informasi yang diketahui tentang execution pipeline.
Sandy Bridge memungkinkan adanya dukungan untuk instruksi AVX, seperti layaknya AMD Bulldozer. CPU juga memiliki dedicated hardware video transcoding perangkat keras untuk menangkis kemajuan oleh GPU dalam ruang transcoding.
Intel juga melakukan perubahan pada jalur PCIe 2.0 yang berjalan di 5GT/s, atau lebih besar 2x lipat jika dibandingkan dengan chipset Intel saat ini yang hanya berjalan di 2.5GT/s dengan batas maksimum 250MB/s per arah per jalur. Peningkatan jalur PCIe 2.0 ke 5GT/s, Intel mempunyai kesamaan fitur dengan chipset AMD dan bahkan mempunyai batas bandwidth yang jauh lebih tinggi. Sebuah PCIe x1 slot tunggal pada motherboard P67 dapat mendukung bandwidth hingga 500MB/s di setiap arah (1GB/s bandwidth bidirectional). Dengan dukungan SATA asli 6Gbps, interface PCIe lebih cepat dan akan berguna bagi pihak ketiga USB 3.0 controller.

Sandy Bridge yang dirancang ulang GPU nya secara signifikan jika dibandingkan dengan generasi processors saat ini. Intel mengumumkan ada peningkatan kinerja ~ 2x dibandingkan dengan Clarkdale/Arrandale. Mungkin terlalu berlebihan, namun anda dapat bebas ber-oponi setelah membandingkan pengujian Intel Sandy Bridge.

Pada saat launching Sandy Bridge (SB) nanti kita akan menemukan motherboard berbasis P67 dan H67 dengan peralihan socket dari 1156 ke socket 1155.

Dengan P67 Anda kehilangan grafis terintegrasi tetapi Anda mendapatkan kemampuan untuk menjalankan dua kartu PCIe x8 off dari CPU. Anda juga mendapatkan fully unlocked memory multipliers dengan P67, sedangkan H67 tidak.
Tidak akan ada USB 3.0 asli pada chipset ini, sepertinya vendor motherboard tidak akan diam untuk hal ini.

Sejatinya Nehalem dan pemilik Gulftown memiliki soket sendiri, pada paruh kedua tahun 2011 Intel akan menggantikan socket LGA-1366 dengan LGA-2011. LGA-2011 menambahkan dukungan untuk empat channel memory DDR3 dan 6 inti prosesor pertama Sandy Bridge.

Roadmap Sandy Bridge (warna merah)
Roadmap SB

untuk informasi lebih lengkap, silahkan mengunjungi : anandtech

Last edited by jag on September 25, 2010 at 13:08

Roadmap Intel Core Sandy Bridge Mobile 2011

Bagian Sandy Bridge pada mobile akan sedikit lebih mudah di beberapa daerah, tetapi lebih membingungkan bagi pengguna. Kenapa? Masalah terbesar ada diantara kedua bagian dual-core dan quad-core berbagi merek yang sama. Faktanya, seri “Q” adalah satu-satunya indikasi bahwa Core i7 2720QM adalah quad-core dan Core i7 2620M tidak. Mengingat strategi AMD pada Bulldozer, anandtech yakin bahwa Intel tidak ingin orang-orang khawatir akan berapa banyak core mereka, hanya karena angka yang lebih tinggi berarti hal yang lebih baik. Tabel dibawah ini akan memberikan informasi yang lebih jelas bagi anda untuk memahaminya.

Mobile SB

Clock speed dipahami lebih rendah, dan semua bagian peluncuran memiliki Hyper Threading. Mobile Sandy Bridge juga resmi mendukung hingga DDR3-1600 sedangkan desktop CPU keluar di atas DDR3-1333 (meskipun berjalan mereka pada 1600 seharusnya tidak menjadi masalah dengan asumsi Anda memiliki papan P67).
Perbedaan utama antara Sandy Bridge Mobile dan Desktop adalah semua SB Mobile SKU memiliki dua core grafis (12 EUs), sementara pada Desktop hanya beberapa bagian saja yang memiliki 12 EUs (terlihat seperti high-end K SKU akan memilikinya). Meskipun base clock GPU lebih rendah, tetapi bisa turbo hingga 1.3GHz lebih tinggi daripada kebanyakan desktop Sandy Bridge CPU.
Sementara Arrandale meningkatkan kinerja multithreaded secara signifikan, Sandy Bridge akan menawarkan di papan peningkatan kinerja CPU dan peningkatan dramatis dalam kinerja GPU. Pada testing yang dilakukan anandtech pada Mobile Sandy Bridge yang sepertinya sudah berjalan di dual-core GPU (12 EUs) ada peningkatan performa sekitar 50% pada GPU. Dan dari apa yang anandtech dengar, teknologi NVIDIA Optimus akan bekerja dengan platform jika anda ingin melakukan beberapa game serius pada notebook Anda.

Mobile SB Roadmap
Roadmap

SB Mobile update: Last edited by … on October 07, 2010 at 15:41

4 thoughts on “Preview Intel Sandy Bridge

  1. issue nya intel punya teknologi Tri-Gate yang mengoptimalkan masing-masing jalur transistor untuk peningkatan performa dan efesiensi daya. Overall Tri-Gate bukan teknologi baru, tapi di Ivy Bridge intel mencoba menerapkannya.
    Yang patut ditunggu dari pengembangan Tri-Gate ini adalah processor intel yang berukuran hanya 14nm. Kepikiran ga?

Comments are closed.