Preview Intel Sandy Bridge Part II. Detail table spesification Intel Sandy Bridge Processor


“Sandy Bridge” the 2nd generation of Intel Core i Series.

Sandy Bridge sejatinya sudah mulai di launching ke pasaran sejak kemarin (5 Januari 2011). Untuk Indonesia, Sandy Bridge akan mulai dipasarkan awal Maret atau akhir Q1 ini. Tentu akan dimulai dulu dengan seri-seri andalan terlebih dahulu (i7 dan i5) baru kemudian edisi massal i3 dan Pentium (informasinya saya tempatkan dibagian paling bawah). Bagi notebook user, informasinya acer akan launching notebook ber processor Intel Core i generasi kedua ini.
Dari semua review dan product knowledge yang saya rangkum, berikut saya sertakan informasi detail spesifikasi processor lengkap dengan teknologinya dalam satu tabel, semoga bisa jadi bahan referensi bagi anda.

Lebih jelas dan lengkap menyajikan informasi spesifikasi detail tiap-tiap processor, baik speed, L3 cache, Core, HT, TDP, IGF clock, termasuk kisaran harga processornya. Pada bagian kolom processor (yang disertai kode penomoran pada tabel) menyediakan informasi technology yang ada dalam processor tersebut. Seperti vPRO, Intel Quick Sync, AESNI, AFX, frekuensi VGA onboard, berikut maksimum clock pada mode turbo boost.
Biar lebih puas dan mantap, berikut saya tambahkan hasil review Sandy Bridge seri K dari anandtech cekidot!.
Update.. Hampir semua type processor Sandy Bridge ber-teknologi Intel Quick Sync Video. Dukungan video acceleration terutama pada transcoding dilengkapi dengan software yang menyediakan fasilitas convert video by file type. Dan ada lagi aplikasi InTru 3D memberikan kepuasan bagi anda penikmat film 3D (nontonnya musti pake kacamata 3D).
Integreted Graphic pada Sandy Bridge secara testing kinerja mampu disetarakan dengan Radeon 5450 dan share memory up to 1.6GB rasanya sudah cukup mumpuni untuk semua aktifitas media, sosial, internet saat ini. Long Life Sandy Bridge! semoga ga ganti socket lagi.. hehehe
Oia.. klo emang mo share VGA nya ampe ke 1.5GB, disarankan untuk menggunakan OS yang 64bit. Di sistem 32bit maximum memory cuma 3GB.

Arsitektur Sandy Bridge sendiri memiliki ukuran 32nm, perbedaan yang cukup mendasar ada pada design penempatan processor dan integreted graphic (VGA) menyatu dalam satu silikon.

Informasi terbarunya dan memang sengaja saya tempatkan dibagian bawah. Karena memang pada saatnya nanti, seri inilah yang akan menggantikan posisi generasi Dual Core sekarang. Intel Pentium processor generasi terbaru “Pentium SBG800” yang akan didukung dengan Intel chipset H61. Berbeda dengan Core i Series generasi kedua (Sandy Bridge) yang didukung dengan chipset H67 dan P67. Pentium SBG800 sendiri memang dikhususkan untuk pasar low-end, karena dari segi harga motherboard yang hanya berkisar antara $30-$40.
Sementara waktu ini, hanya informasi ini yang saya dapat mengenai informasi Pentium SBG800. Nanti saya update lagi, jika anda informasi terbarunya. Happy SB!