Menentukan pilihan mainboard yang tepat untuk Intel Core i Series


Saya yakin sudah banyak yang tahu tentang ini, tapi ga ada salahnya kan klo kita saling mengingatkan😀
Pada Core i series intel menempatkan chip VGA pada processor (on-chip), namun ada beberapa type yang tidak memiliki VGA on-chip (ci5-760). Kondisi seperti ini cukup membingungkan konsumen untuk menentukan pasangan chipset yang sesuai.

Seri H lebih diperuntukkan bagi konsumen yang mengandalkan kinerja on-chip VGA, sementara untuk seri P bagi yang tidak berminat dengan on-chip VGA (discrete).

Pada generasi kedua Core i series (Sandy Bridge), intel telah menerapkan teknologi on-chip VGA ke semua type processor termasuk core i 5 dan 7. Solutif! meminimalisir salah kaprah terutama untuk konsumen awam.
Jika anda berencana untuk membangun sebuah PC dengan sebuah kartu grafis tambahan (discrete) ada baiknya anda memilih mainboard intel chipset yang serinya berawalan P. Seri P jelas lebih besar dukungannya untuk semua peripheral anda terutama untuk HDD dan Memory. Untuk VGA nya, biasanya seri P mayoritas memberikan fitur SLI.
Begitupun sebaliknya, seri H lebih diperuntukkan bagi anda yang ingin menikmati dukungan on-chip VGA pada processor Intel Core i Series. Pada chipset ini, Intel tidak memberikan dukungan lebih pada peripheral anda, tapi lebih condong ke processor dan on-chip VGA yang anda tentukan.

updated

semoga bermanfaat.