6 tips sebelum membeli laptop yang layak jadi pilihan anda


Varian type produk dari masing-masing brand saat ini, bisa dibilang sangat memanjakan konsumen. Sebagai konsumen jelas sangat diuntungkan untuk menentukan pilihan baik dari segi harga, kinerja dan keunggulan-keunggulan lainnya. Sangat penting bagi anda sebagai konsumen adalah menentukan kebutuhan laptop anda terlebih dahulu. Kegunaannya, lebih banyak untuk office & internet / multitasking / graphic & photo processing / gaming / video converter / etc.

Contoh, Netbook (Atom version). Lebih gampangnya netbook biasanya menggunakan display 10” (inch). Type yang seperti ini, lebih diperuntukkan untuk user yang banyak beraktifitas di internet dan office. Type ini tidak recommended untuk graphic & photo processing apalagi gaming, meskipun bisa jelas sangat memaksakan hardware.


Di luar dari budget dan kebutuhan anda, mari kita coba menentukan kelebihan dari laptop yang layak menjadi pilihan anda. Sebagai langkah awal, ada baiknya mengikuti langkah-langkah yang sudah saya susun berdasarkan urutan dibawah ini :
Spesifikasi
Cobalah untuk cermat mengamati spesifikasi dan harga yang ditawarkan, karena banyak sekali brand yang menawarkan beragam pilihan spesifikasi untuk menunjang harga yang diberikan ke konsumen. Hard Disk dan RAM yang besar jelas menjadi referensi jika memang selisih harga tidak terpaut jauh, karena jika mengikuti perkembangan processor tentu saja mempengaruhi harga (kecuali seri).
Battery
Cobalah untuk memilih battery yang memberikan fitur battery cell yang lebih, ditambah dengan fitur software yang menunjang kinerja battery.
Layanan Service
Pastikan bahwa pilihan anda memberikan layanan service yang baik, jika perlu cepat dan tanggap menghadapi masalah teknis.
Konektifitas
Tanpa menggunakan slot USB yang tersedia, multi konektifitas (Bluetooth, 3G Modem, eSATA, HDMI) jelas memberikan nilai lebih bagi anda.
Display
Fitur LED HD layak dipertimbangkan. Fitur ini memberikan kualitas gambar yang lebih, gampangnya lebih nyaman klo nonton film HD.
Ergonomis dan nyaman
Bagi anda yang sudah terbiasa dengan keyboard pada PC, biasanya sedikit kaku dengan keyboard di laptop. Sebaiknya dipertimbangkan juga hal ini, sangat merepotkan jika ada perbedaan yang jauh antara style keyboard pada laptop dan PC anda.